Kegiatan Kokurikuler

Kegiatan kokurikuler didefinisikan sebagai kegiatan-kegiatan siswa di luar intrakurikuler yang sangat mendukung terhadap keberhasilan pembelajaran pada kegiatan intrakurikuler adapun kegiatan kokurikuler yang diprogramkan adalah outbound, field study, study tour, bhakti sosial, dan lain-lain.

1. Masa Orientasi Siswa (MOS) atau Pekan Ta’aruf (PETA)

Peserta MOS atau PETA adalah calon siswa SMP IT Abu Bakar yang dinyatakan secara resmi telah lulus test Ujian Masuk SMP IT dan telah melaksanakan Registrasi. MOS dilaksanakan selama tiga hari sampai satu pekan yaitu pekan pertama terhitung sejak hari masuk pertama sekolah. Selama mengikuti MOS siswa harus sudah berseragam lengkap dengan identitasnya. Selama mengikuti MOS peserta tidak diperkenankan untuk dijenguk oleh siapapun dari orangtua/wali, kecuali ada masalah yang membolehkannya. Selama mengikuti MOS, siswa akan dipantau kedisiplinannya dan akan mendapatkan sertifikat kelulusan setelah mengikuti program kedisiplinan. Bagi siswa yang tidak lulus MOS berkewajiban mengikuti program Bin Kus (Bimbingan Khusus).


2. Field Study
Field study (belajar di lapangan dengan obyek belajar yang mendidik dan bervariatif) merupakan kegiatan siswa yang dilakukan dengan tujuan untuk melengkapi pengetahuan dan keterampilan yang didapatkan di kelas. Kegiatan field study dapat berupa pengamatan, percobaan atau eksperimen, dan diakhiri dengan penyusunan laporan. Objek pengamatan dapat bervariasi sesuai dengan tema. Setiap kali pelaksanaan field studi dapat mengintegrasikan beberapa macam pelajaran.

3. Out Bound
Out bound adalah kegiatan siswa yang dilakukan diluar sekolah dengan tujuan untuk melatih siswa agar mempunyai jiwa kepemimpinan, kemandirian dan kecerdasan emosi, disamping sebagai sarana membangun ukhuwwah antar sesama siswa dan sarana refressing . Kegiatan ini bersifat wajib untuk seluruh siswa. Kegiatan ini dapat dilakukan di dalam kota maupun luar kota.

4. Study Tour
Kegiatan study tour diselenggarakan sekali selama siswa menempuh pendidikan di SMP Islam Terpadu Abu Bakar Boarding School Yogyakarta. Kegiatan ini dilakukan sebagai wahana bagi siswa untuk meningkatkan wawasan dan pengalamannya sekaligus sebagai bekal siswa untuk menyusun pembuatan laporan atau tugas akhir sekolah. Adapun pelaksanaan kegiatan ini dapat dilakukan dalam maupun di luar kota Yogyakarta.

5. Bhakti Sosial (Kuliah Kerja Dakwah)
Kegiatan ini bertujuan untuk mengasah kecerdasan emosionla dan membangun kepedulian sosial. Program ini biasanya dilaksanakan setiap bulan Dzul Hijjah (bertepatan dengan Idul Adha dan hari Tasyriq).