SMPIT ABU BAKAR YOGYAKARTA MENGADAKAN QURBAN DAN BAKTI SOSIAL DI GUNUNGKIDUL

SMPIT Abu bakar Yogyakarta (11/07/2022), kembali mengadakan kegiatan penyembelihan hewan qurban dan Bakti Sosial (Baksos) di dusun Karang, Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Gunungkidul yang bertujuan untuk memupuk rasa kepedulian siswa terhadap sesama dan melatih siswa berdakwah di masyarakat. Bakti sosial melibatkan ustadz-ustadzah yang tinggal di Pesantren Abu Bakar dan beberapa karyawan serta warga dusun Karang, Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Gunungkidul. Rombongan bakti sosial tahun ini diikuti oleh 52 orang yang terdiri dari 32 orang siswa meliputi siswa pengurus OSIS, pengurus ITMA (Ittihaduth Tholabah Ma’had Abi Bakrin), beberapa siswa boarding, Shohibul qurban, tim dokumentasi serta panitia sejumlah 20 orang.

Adapun kegiatan baksos meliputi  Lomba TPA, penyembelihan hewan qurban dan pembagian daging, pengajian akbar, pembagian sembako, dan pengadaan air bersih. Kegiatan baksos diawali dengan pengajian akbar yang dihadiri oleh beberapa tokoh masyarakat dan warga sekitar dusun Karang, Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Gunungkidul. Pendapatan hewan qurban yang dikelola oleh panitia qurban SMP IT Abu Bakar tahun ini sejumlah 2 ekor sapi dan 4 ekor kambing dimana 2 ekor sapi disembelih di RPH Segoroyoso, 2 ekor kambing disembelih di dusun Karang, Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Gunungkidul, 1 ekor kambing disembelih di Pojok RT 02/15 Harjobinangun, Pakem, Sleman, dan 1 ekor kambing disembelih di Blambangan, Jogotirto, Berbah, Sleman. Hasil penyembelihan hewan qurban Sapi di RPH Segoroyoso sejumlah 300 paket daging. Penyaluran paket daging warga di dusun Karang, Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Gunungkidul sejumlah 90 paket, 10 paket daging di Nglipar, dan selebihnya paket daging didistribusikan di warga Kalangan Pandeyan SMPIT ABU BAKAR Yogyakarta .

Pengajian akbar dihadiri oleh kepala sekolah SMPIT Abu Bakar Yogyakarta Herry Purwanto, S.Pd, kepala desa Girikarto, kepala Dusun Karang, ketua RT 03, RT 04 beserta para tokoh masyarakat setempat.  Pengajian Akbar diisi oleh Ustadz Hasan dari Gunungkidul.  Menurut Kepala Sekolah SMPIT Abu Bakar,  Herry Purwanto, S.Pd, semua rangkaian kegiatan bakti sosial harus melibatkan siswa agar siswa bisa merasakan hikmah tentang momentum Idul Adha sehingga dapat membentuk karakter siswa yang peduli terhadap sesama dan bermanfaat bagi orang lain.

Panitia mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada segenap jajaran tokoh masyarakat setempat meliputi Kepala dusun Karang, Kepala Desa Girikarto, Camat Kecamatan Panggang, Bapak Ketua RW dan Ketua RT di Dusun Karang, yang turut membantu dan mensukseskan kegiatan bakti sosial ini. Panitia juga mengucapkan terima kasih kepada para shohibul qurban yang telah menyalurkan hewan kurban melalui panitia SMP IT Abu Bakar Yogyakarta. Nama-nama shohibul qurban yang terdaftar pada kegiatan bakti sosial Idul Adha tahun ini adalah sebagai berikut: Ibu Yusrina Sumartati, Bp. Tanjung Nugroho, Keluarga Bp. Daryono Prehaten, M. Zaidaan Ar Rasyiid bin Bp. H. Ekojati widiantoro, Bp. M. Fuad Afianto, Bp. H. Sukardi, Taalea Indita Kumari Imabel (SAPI 1), Adrina Rakan Putri, Ibu Naning Sasmita, Bp. Ari Rachmanto sekeluarga, Bp. Windi Yudanto sekeluarga, Bayu Rizky Ramadhan, Ibu Dwi Haryanti, Wafa Bika Muhammad (SAPI 2). Sedangkan 4 shohibul kurban kambing yakni Mas Nadhif Zaim Nur Amthori, Zhevira Oktavia Neyshaputri,  Keluarga Farrel Firanno, Muhammad Rahman Hanif.