MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) Kelas VII

Sekolah Baru, Semangat Baru. Terlihat dari wajah ceria setiap siswa kelas VII SMPIT Abu Bakar Yogyakarta di hari pertama masuk sekolah.

Untuk lebih mengenalkan lingkungan sekolah maka diadakan kegiatan MPLS untuk siswa kelas VII. Kegiatan dilaksanakan mulai Senin, 18 Juli 2022 sampai Rabu, 20 Juli 2022.

Berbagai rangkaian kegiatan dipersiapkan dalam rangka meningkatkan pembiasaan dan pembinaan karakter siswa. Sesuai dengan motto sekolah Membimbing Sepenuh Hati Agar Sholih dan berprestasi.

Kegiatan diawali dengan Apel Pembukaan MPLS, pada Senin, 18 Juli 2022 di GOR SMPIT Abu Bakar Yogyakarta. Ustadz Herry Purwanto, S.Pd Selaku Kepala Sekolah memberikan motivasi dan nasehat kepada setiap siswa untuk senantiasa semangat dalam menuntut ilmu. Perwalian bersama wali kelas agar menjadikan lebih dekat bersama teman-teman dikelas.

Materi selama MPLS dari senin-rabu juga tak kalah menarik. Mulai dari Wawasan Wiyata Mandala, Kesadaran Berbangsa dan Bernegara, Pendidikan Karakter dan Sosialisasi Adab dan Tata Krama agar setiap siswa memiliki karakter Pancasila. Pengenalan Kurikulum Merdeka, Al-Quran Pedoman Hidupku dan Belajar Efektif agar siswa lebih siap mengikuti KBM di sekolah dan asrama.

Selain itu juga diberikan materi mengenai PHBS (Pola Hidup Bersih dan Sehat) serta BIPA (Bina Ibadah dan Pembiasaan Adab), akan mendukung siswa menjadi pribadi yang seimbang dalam fikriyah, Ruhiyan dan jasadiyah.

Kegiatan Pengenalan Pramuka SIT dan Display Ekstrakurikuler dan Komunitas, juga diikuti siswa dengan antusias. Siswa diharapkan dapat mengembangkan potensi melalui kegiatan tersebut. Pada hari terakhir kegiatan diadakan penutupan di GOR, Ust Muallimin, M.Pd selaku Waka Kesiswaan menyampaikan agar materi selama MPLS dapat menjadi bekal siswa mengikuti pembelajaran dan pemberian hadiah bagi siswa terbaik setiap kelas selama mengikuti kegiatan.

Selama kegiatan MPLS peran dari OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah) turut mendukung dalam membersamai dan mengarahkan siswa kelas VII. Besar harapan kami, kegiatan MPLS mampu menjadi jembatan awal dalam siswa dapat mengikuti pembelajaran di sekolah dan asrama.